Arti penting BK bagi siswa

Sebelum mengenal arti BK sesungguhnya, banyak yang orangtua maupun murid yang beranggapan bahwa BK tempat anak-anak bermasalah, seperti ketika orangtua murid di panggil oleh Guru BK dibenak orangtua murid berpikir bahwa anaknya tersandung  masalah yang sangat serius di sekolah. Namun dengan seiringnya kemajuan zaman dan pesatnya teknologi informasi yang semakin maju para orangtua murid mulai memahami arti penting BK untuk sekolah dan para murid.

BK sangat penting keberdaanya untuk mendidik murid karena sebagian besar waktu para murid dihabiskan di lingkungan sekolah dan kondisi dimana para murid sangat membutuhkan bimbingan baik dalam memahami keadaan dirinya, mengarahkan dirinya, maupun dalam mengatasi berbagai macam kesulitan.

Arti atau definisi dari Bimbingan sendiri ialah suatu proses pemberian bantuan kepada individu agar mampu memahami diri sendiri dan lingkungan (Sertzer & Stone: 1971)

Arti atau definisi dari konseling ialah interaksi yang terjadi antara 2 orang individu, masing-masing disebut konselor dan klien yang terjadi dalam suasana yang professional (Sertzer & Stone: 1974).

Konseling dapat membantu mengembangkan diri sendiri dimulai dari masa sekarang, atau masa depan dengan pontesi yang dimiliki diri sendiri entah untuk kepentingan diri sendiri maupun orang banyak. Konseling juga dapat membantu memecahkan masalah yang dihadapi setiap individu dan memacu berfikir kedepan atau yang akan datang.

Arti atau definisi dari Bimbingan Konseling sendiri ialah layanan bantuan dengan melalui proses interaksi antara konselor dengan klien baik secara individu maupun tidak individu dalam rangka untuk membantu klien agar dapat mengembangkan potensi dirinya atau pun memecahkan permasalahan yang dialaminya.

Arti tujuan di bentuknya Bimbingan Konseling di sekolah adalah untuk membantu para murid mengatasi permasalahan di kehidupan social dan lingkungannya dengan baik, membantu meningkatkan semangat murid dalam proses belajar di sekolah, membantu memberikan arahan kepada murid mengenai kelanjutan studi, membantu memperbaiki dan mengatasi sikap-sikap yang kurang baik di kehidupan bersosial di sekolah maupun luar sekolah.

BK juga mempunyai landasan bahwa pembimbing harus memperhatikan perkembangan murid dari segi bersosial dan kemandiriannya serta tanggung jawab, BK juga memiliki pelayanan yang ditujukan kepada semua murid, tidak untuk yang bermasalah atau yang pintar saja.

Di setiap sekolah BK juga harus memiliki Prisip Profesional yaitu, prinsp umum, prinsip yang berhubungan dengan individu yang dibimbing, prinsip khusus yang berhubungan dengan individu yang memberikan bimbingan, prinsip yang berhubungan dengan organisasi dan administrasi bimbingan.

Dilihat dari tulisan diatas bahwa memang benar BK memiliki arti yang sangat penting untuk sekolah dan murid. Sebulum menjadi BK atau dulu disebut BP Sekolah sempat kurang jelas tugas seorang BP, maka dari itu BP di pandang hana tempat untuk anak yang bermasalah.

Namun setelah pemerintah mengganti BP menjadi BK tugas seorang BK semakin jelas dan BK sekolah sekarang bukan lagi tempat untuk murid yang bermasalah saja. Sekarang BK juga sudah menjadi tempat umtuk berkonsultasi setiap individu berupa pribadi, social, belajar, maupun kelanjutan studi atau karir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *